Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikrar Kader Pemuda Muhammadiyah Ponorogo

Pembacaan Ikrar Kader Pemuda Muhammadiyah Ponorogo dalam kegiatan Konsolidasi Organisasi yang melibatkan 1.000 kader Pemuda Muhammadiyah Se-Ponorogo, Ahad (6/10/2024)

Ikrar Kader Pemuda Muhammadiyah Ponorogo dibaca dan dipimpin oleh Sekretaris Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Ponorogo Abdul Rhosid, SE. dan diikuti oleh seluruh kader Pemuda Muhammadiyah yang hadir di Expotorium Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Berikut 7 point Ikrar Kader Pemuda Muhammadiyah Ponorogo:
Dengan penuh keyakinan dan kesadaran kami menyatakan, bahwa:

1.    Ajaran Islam adalah aqidah perjuangan kami.

2.    Ridho Allah adalah tujuan perjuangan kami.

3.    Ilmu, amal, dan taqwa adalah bekal perjuangan kami.

4.    Pelopor, pelangsung, dan penyempurna cita-cita Muhammadiyah adalah fungsi perjuangan kami.

5.    Siapapun yang mengganggu dan ingin menguasai aset Muhammadiyah, akan berhadapan dengan kami, perlawanan terhadapnya adalah kewajiban setiap kader Pemuda Muhammadiyah.

6.    Jihad dan berkurban adalah semangat perjuangan kami.

7.    Kamii berjanji dengan penuh tanggungjawab dan siap melaksanakan tugas, kewajiban yang diamanatkan kepada kami sebagai Kader Pemuda Muhammadiyah.

 

Suasana dalam Expotorium UNMUH Ponorogo

Menurut Abdul Rhosid, SE. selaku Sekretaris Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Ponorogo, ikrar ini sebagai modal awal bagi seluruh kader Pemuda Muhammadiyah untuk menyamakan visi-misi. Dan juga sekaligus sebagai penegasan bahwa kader Pemuda Muhammadiyah bukan hanya organisasi kepemudaan yang tanpa arah dan tujuan.

“Dalam naskah ikrar kader Pemuda Muhammadiyah Ponorogo ini, kita akan menyamakan visi misi dan arah gerakan Pemuda Muhamamdiyah. Islam menjadi agama yang sempurna, dengan kesempurnaannya sudah sangat cukup untuk menjadi landasan berfikir dari gerakan Pemuda Muhammadiyah”ujarnya.

Senada dengan itu, Darmanto Saputro, M.IP. selaku Ketua PDPM Ponorogo beranggapan bahwa Pemuda Muhammadiyah sebagai salah satu Organisasi Otonom Muhammadiyah memiliki fungsi menjadi Pelopor, Pelangsung dan Penyempurna Amal Usaha Muhammadiyah. Oleh sebab itu kader Pemuda Muhammadiyah harus didorong untuk meningkatkan kapasitasnya agar mampu mengambil peran menjalankan fungsi tersebut dengan baik.

“Didalam  ikrar Pemuda Muhammadiyah Ponorogo, menggambarkan fungsi dan sikap Pemuda Muhamamdiyah Ponorogo dalam hal menyikapi persoalan di Amal Usaha Muhammadiyah Ponorogo. Salah satunya menyikapi perkembangan situasi saat ini, disinyalir bahwa ada pihak-pihak yang dengan sengaja mempermainkan regulasi persyarikatan hanya untuk melanggengkan kekuasan dalam memimpin AUM. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan, sebaik apapun seseorang, lazimnya dalam Qaidah Amal Usaha Muhammadiyah harus terjadi apa yang disebut regenerasi kepemimpinan”tambahnya.

Fenomena yang terjadi bukan karena suka atau tidak suka terhadap perilaku seseorang secara personal pribadinya, akan tetapi hal ini sebagai bagian dari sikap membaca situasi roda organisasi yang berjalan belum menunjukkan keberpihakan terhadap Persyarikatan Muhammadiyah, sehingga perlu diluruskan agar tidak kebablasan.

Post a Comment for "Ikrar Kader Pemuda Muhammadiyah Ponorogo"